Wednesday, May 20, 2015

Pemkot Bekasi : Beras Palsu Positif Mengandung Bahan Baku Plastik


Menanggapi ramainya isu beras palsu, Pemerintah Kota Bekasi bergerak cepat, setelah dilakukan tes laboratorium yang dilakukan oleh Succofindo, hasilnya beras tersebut mengandung polyfiner yang merupakan bahan baku pipa plastik. 

"Mengidentifikasi adanya kandungan senyawa yang identik dengan polyfiner. Ini bahan baku pipa plastik," ujar Rahmat Effendi, Wali Kota Bekasi, di kantornya Kamis (21/5/2015) lalu. 
Pengumuman ini disampaikan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama dengan Kepala Kesatuan Kebangsaan dan Politik Momon Sulaiman, Kabag Humas Mohamad Jufri, Kepala Dinas Perdagangan Kota Bekasi Abdul Iman, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Kota Bekasi Aceng Solahudin, dan pihak Succofindo. 


Sebelumnya, informasi mengenai beras plastik ini mencuat setelah salah seorang penjual bubur di Bekasi, Dewi Septiani, menceritakan pengalamannya mengolah beras yang diduga palsu dan mengandung plastik di laman sosial media. Dewi mengaku membeli enam liter beras yang diduga bercampur dengan beras plastik. Beras tersebut dia beli di salah satu toko langganannya. 

Tampilan beras tersebut hampir tidak ada bedanya dengan beras biasa, namun keanehan dari beras tersebut dia rasakan setelah mengolahnya menjadi bubur. Selain itu, jajaran Kepolisian Sektor Bantargebang, Bekasi, menutup sebuah toko yang diduga menjual beras sintetis kepada Dewi Septiani, penjual bubur di Mutiara Gading Timur. 
Penutupan itu memang tindak lanjut dari laporan warga dan juga kabar yang beredar di media sosial mengenai peredaran beras sintetis di Bekasi. Selain menutup toko tersebut, polisi juga mengambil sampel beberapa karung beras untuk diuji di laboratorium.
(Sumber : Kompas.com)

No comments:

Post a Comment