Tuesday, May 26, 2015

Hati-hati! Pria Yang Sering Selfie Berpotensi Jadi Psikopat

Ternyata selfie tidak selamanya berdampak positif, selain beberapa orang yang melakukan selfie ekstrim yang berujung kecelakaan dan kematian, ternyata selfie bisa berdampak buruk bagi kesehatan jiwa atau mental seseorang. Berdasarkan berita yang dirilis oleh JPNN, mengutip sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, pria yang sering berbagi foto selfie di profil media sosial mendapatkan nilai lebih tinggi pada tes narsisme dan psikopat.

Narsisme berhubungan dengan kepercayaan bahwa diri orang itu sendiri cerdas, lebih menarik atau umumnya lebih baik daripada yang lain. Sementara, psikopat biasanya merupakan sikap seseorang yang kurang empati dan minimnya sikap menghargai orang lain.
Penelitian ini dilakukan dengan menyurvei 800 orang berusia antara 18-40 tahun. Mereka bertanya tentang foto-foto yang telah diposting secara online. Setelah itu, mereka memberi kuesioner terkait kepribadian.
Hasilnya para peneliti menemukan, orang yang meluangkan waktu untuk mengedit foto sebelum mengunggahnya juga menjadi lebih narsis. Mereka juga lebih peduli dengan penampilan dibandingkan kepribadian.
“Hal yang lebih menarik adalah bahwa mereka juga memiliki skor lebih tinggi pada ciri kepribadian antisosial, psikopat dan lebih rentan terhadap objektifikasi diri,” terang penulis utama studi, Jesse Fox, PhD demikian kutipan yang diambil dari laman Health.
Selfie tentu tidak salah, jika dengan kadar yang sewajarnya. Karena segala sesuatu yang berlebihan dan ekstrim bisa berdampak buruk. 

(Sumber : jpnn)

No comments:

Post a Comment