Wednesday, February 12, 2014

Inggris Kebanjiran Kenapa Indonesia yang Disalahkan? Ini Alasannya

Sejumlah media internasional membuat judul yang cukup unik terkait banjir dan badai yang terjadi di Inggris. Contohnya Bloomberg memuat artikel berjudul 'England Floods, Blame Indonesia'. Hal serupa juga dilakukan  Long Island Newsday, memuat 'Champion: Can't stand the winter? Blame Indonesia, says Britain'.
Jakarta dan juga beberapa wilayah Indonesia memang juga menghadapi cuaca ekstrim dan kebanjiran, tapi kan tidak mengirimkan air banjirnya ke Inggris. Jadi salahnya dimana? 
Menurut berita yang ditulis oleh Liputan6.com,  cuaca ekstrem di kedua sisi Atlantik terhubung dalam semacam efek kupu-kupu (butterfly effect) -- ketergantungan yang sensitif terhadap kondisi awal -- yang dimulai di Pasifik dan berakhir di Eropa .
Mengkutip dari Reuters, Kamis (13/2/2014), Badan Meteorologi Inggris menyebut, cuaca ekstrem di AS dan Inggris disebabkan oleh kenaikan suhu di pesisir Indonesia dan bagian wilayah tropis di barat Pasifik.
Atau dengan kata lain, "gangguan" dalam aliran sistem cuaca (jet stream) di Atlantik Utara dan Pasifik, sebagian berasal dari perubahan pola cuaca di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, dan berhubungan dengan suhu yang lebih tinggi dari biasanya di wilayah itu.

No comments:

Post a Comment