Wednesday, January 4, 2017

Salah Ketik "Fitsa Hats" Ini Kata Habib Novel & Pihak Kepolisian


Tempat bekerja Novel Bamukmin terdahulu, yakni Pizza Hut, yang ditulis menjadi 'Fitsa Hats' tengah menjadi viral di media sosial. Hal itu lantaran Ahok menyoroti pemeriksaan identitas Novel sebelum sidang.





Habib Novel : Kurang Perhatiin



Novel mengatakan penulisan 'Fitsa Hats' dalam identitas berita acara pemeriksaan (BAP) saksi luput dari perhatiannya.

"Saya waktu itu kurang perhatiin karena kan saya tanda tangan, ada 6 lembar. Ya nggak mungkin, satu per satu huruf saya teliti," kata Novel saat dihubungi detikcom, Selasa (3/1/2017) malam.

Novel menjelaskan nama tempat bekerjanya dahulu bukan 'Fitsa Hats', melainkan Pizza Hut, di wilayah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Ia bekerja di restoran tersebut pada 1992-1995 sebagai maintenance mesin di dapur.


Kepolisian : BAP Ditulis Sesuai Pernyataan Saksi

"Dalam hal ini, apa yang ditulis di situ adalah apa yang disampaikan oleh saksi. Apa yang sudah dilakukan, ini di-print out dan dikembalikan kepada yang diperiksa atas mekanisme yang dilakukan harus dibaca. Apabila ada kalimat yang tidak tepat, bisa dikoreksi saat itu juga," jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di kantornya, Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan (4/1/2017).

Kemudian Martinus menjelaskan, dalam pembuatan hasil BAP, bisa dua hingga tiga kali dicetak. Jadi, begitu ada satu kalimat saja yang tidak sesuai, langsung disunting saat itu juga. Begitu semua kalimat sudah sesuai dengan apa yang disampaikan terperiksa, langsung ditandatangani oleh penyidik dan terperiksa.

Menurut Martinus, tanda tangan tersebut memiliki dua makna. Yaitu yang diperiksa mengerti apa yang ditulisnya, dan bertanggung jawab atas yang tertulis.


"Tanda tangan ada artinya, itu dia mengerti apa yang ditulisnya, yang dinyatakannya, sehingga dalam BAP itu ada tanda tangan pemeriksa dan yang diperiksa," terang Martinus.

"Kedua adalah, sebuah tanda tangan itu merupakan satu tanggung jawab. Ada dua hal yang harus dipahami, dan dia bertanggung jawab atas apa yang disampaikannya. Jika sudah ditandatangani, kami menyatakan BAP tersebut sudah sah," lanjutnya.






No comments:

Post a Comment