Saturday, May 10, 2014

Siapa Wakil Jokowi Dalam Pemilu Presiden 2014?

Majunya Joko Widodo sebagai calon presiden dalam Pemilu 2014 memberi angin segar bagi masyarakat. Namun siapa yang akan menjadi wakil presidennya? Hal ini masih menjadi misteri hingga saat ini. Banyak pengamat politik membuat prediksi siapa yang akan mendampingi Jokowi dalam pilpres nanti. Berikut adalah beberapa nama yang mencuat :

Mantan ketua MK ini menjadi salah satu nama yang dinominaikan sebagai Cawapres. Terlebih PKB kini merapatkan diri kepada PDI Perjuangan.  Pasangan ini secara resmi setelah dideklarasikan oleh DPC PKB Klaten dan simpatisan PDIP di daerah tersebut. Namun apakah harapan tersebut akan terwujud?

Jusuf Kalla
Selain berkiprah dalam dunia politik, Jusuf Kalla juga aktif dalam dunia sosial dan juga dinilai berkompeten sebagai seorang negarawan. Kriteria ini membuatnya menjadi kandidat kuat mendampingi Jokowi kendati banyak diramalkan akan terjadi petaka matahari kembar. Pasangan ini juga dinilai mampu saling melengkapi dengan alasan bahwa figur mantan wakil presiden ini sudah lebih berpengalaman dalam berbagai urusan kenegaraan.

Luhut Binsar Panjaitan  
Letjen TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan menjadi cawapres dari Partai Golkar yang menyatakan dukungannya atas pencapresan Jokowi. Namun dibalik itu, persahabatan yang terjalin sudah cukup lama memungkinkan  keduanya dapat saling berdampingan. Namun saat ditanyakan, dengan nada sedikit bercanda Luhut menyampaikan, "Kalau persiapan sih siap aja kapan saja. Tapi saya mungkin tidak terlalu seksi untuk menjadi bagian dari yang dilamar PDIP".

Akbar Tandjung
Partai Golkar menyatakan setuju bila Akbar Tandjung bersanding dengan Jokowi, namun dengan syarat bahwa Akbar tetap sebagai calon wakil presiden (Cawapres). "Jokowi-Akbar enggak ada masalah. Cawapres tidak masalah, kalau capres baru bermasalah," kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham.

No comments:

Post a Comment