Friday, November 1, 2013

Belajar dari Erick Thohir dalam Memilih Emiten

Pengusaha media dan pemilik mayoritas saham klub Inter MIlan, Erick Thohir, memberikan bocoran rahasia kesuksesan berinvestasi saham. Hal yang paling utama adalah tepat memilih emiten atau perusahaan publik yang akan dibeli sahamnya.

Menurut dia, ada tiga informasi utama yang harus diketahuinya untuk memilih emiten di pasar modal. Pertama, rekam jejak (track record) emiten. Nama baik emiten, dia mengatakan, wajib diketahui oleh calon investor sebelum menjatuhkan pilihannya.
Caranya, calon investor harus melihat rencana bisnis dan sejarah perusahaan dalam membangun kerajaan bisnisnya. "Laporan keuangannya juga wajib dilihat, bagaimana pembayaran dividen ke pemegang saham. Lancar enggak bayarnya, ini menggambarkan kesehatan emiten," kata Erick di sela-sela Investor Summit Bursa Efek Indonesia di Surabaya, Kamis, 31 Oktober 2013.
Kedua, kata Erick, calon investor wajib melihat sosok pemilik, pimpinan puncak, atau CEO emiten yang dibidik. Sosok yang menduduki struktur manajemen puncak di satu perusahaan menggambarkan pola hubungan dengan investor di pasar modal.
Ketiga, ia menyarankan investor pasar modal membidik emiten yang bergerak di bidang consumer goods, media, dan retail. Sebab, tiga bisnis tersebut bersentuhan dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat.
Khusus emiten yang bergerak di sektor pertambangan, Erick menyarankan agar investor tidak sembarangan menjatuhkan pilihannya. Selain track record emiten, investor harus jeli meneropong harga komoditas pertambangan di pasaran. "Natural resource juga bagus, tapi harus dilihat juga pinjamannya," kata Erick.

DIANANTA P. SUMEDI

No comments:

Post a Comment